Tuesday, April 17, 2007

Kesan Kedua Blogspot



Pertama kali posting tulisan saya sempat bingung karena font-nya berubah menjadi huruf India (Hindi). Ternyata saya salah setting pada fitur Basic Post. Selebihnya tidak ada hambatan untuk posting lagi. Eh, satu lagi yang saya belum bisa yaitu membuat Page Break pada artikel. Entah belum ada fasilitasnya atau karena saya yang belum tahu.

Sudah sekitar 3 minggu menggunakan Wordpress dan 1 hari menggunakan Blogspot, saya mulai merasakan perbedaan antara kedua mesin blog tersebut. Berikut akan saya tuliskan beberapa kelebihan dan kekurangan antara Wordpress dan Blogspot.

Kelebihan Blogspot
1. Pada sidebar atau widgetsnya terdapat fitur HTML & Javascript, Video dan Musik
2. Design theme lebih nyaman (penilaian objectif).
3. Lebih mudah digunakan, oleh bloger pemula.

Kekurangan Blogspot
1. Hanya menyediakan satu halaman homepage.
2. Tidak ada fitur category, untuk manajemen tulisan.
3. Tidak menyediakan bahasa Indonesia.

Demikian kelebihan dan kekurangan Blogspot yang saya tahu setelah sehari saya gunakan. Semoga prediksi kekurangan yang saya tulis tidak benar dikarenakan ketidaktahuan saya saja. Tetapi setelah saya bandingkan dengan Wordpress menurut saya Blogspot lebih mudah dalam penggunannya.