Tuesday, April 17, 2007

Instalasi Shoutbox di Blogspot

Salah satu fitur yang saya suka dari Blogspot adalah adanya komponen side bar yang support HTML dan Javascript. Tidak menyiayiakan fasilitas tersebut, saya langsung googling free shoutbox. Shoutbox sangat bagus untuk diskusi dan media interaksi antara admin blog dan pengunjung. Ada beberapa Free Shoutbox yang dihasilkan oleh Paman Google, diantaranya adalah CBox dan Oggix. Saya mencoba instalasi oggix karena saya lihat di halaman webnya banyak digunakan oleh rekan-rekan bloger lain. Hasilnya silahkan anda lihat sendiri di sidebar saya. Lucu dan interaktif bukan?
Kepada rekan-rekan yang ingin instalasi shoutbox dib log atau web, berikut langkah-langkah instalasi shoutbox dari oggix :
1. Buka situsnya di http://Oggix.com.
2. Lakukan pendaftaran dengan klik link register.
3. Isi form registrasi selengkapnya.
4. Login dengan alamat email dan password yang telah kita buat.
5. Berikutnya kita akan dipandu langkah demi langkahnya mulai dari memilih design, warna, frame (sekitar 4 langkah).
6. Langkah kelima adalah meng-copy seluruh kode HTML yang berasal dari design yang kita pilih tadi.
7. Sign ke Blogspot, menuju ke halaman Dassboard, Layout kemudian tambahkan fitur HTML& Javascript pada sidebar kita.
8. Paste kode HTML dari Oggix tadi, kemudian simpan.
9. Selamat free shoutbox dari Oggix telah siap untuk digunakan.
Mudahkan instalasinya? Jika msih kurang jelas, di Oggix-pun disediakan tutorial bergambar tentang instalasinya. Biar matching sebaiknya pilih warna dan design yang sesuai atau serasi dengan halaman web atau blog kita. Selamat mencoba.

0 comments: