Wednesday, January 7, 2009

Pengenalan Visual Basic 6.0

Untuk memulai Visual Basic 6.0, pilih START>> All Programs>>Microsoft Visual Basic 6.0. Selanjutnya akan tampil halaman seperti dibawah ini. Pilih standard. EXE.

Setelah memilih Standard.Exe maka akan tampil, halaman utama Visual Basic 6.0 seperti dibawah ini yang dapat di bedakan menjadi beberapa bagian yaitu : Toolbar, toolbox, properties,project explorer, form layout, dan form desgner.
  • Form Designer : Pada form design ini adalah tempat kita merancang user interface (antar muka pemakai ). Untuk menampilkan layar ini dapat mengklik pada tombol Design View atau dengan menekan tombol Shift + F7. Sedangkan untuk ke layar coding dapat menekan tombol F7 atau memilih icon coding view pada Project Explorer. Form ini dapat diatur ukurannya sesuai kebutuhan. Untuk menyesuaikan ukurannya dapat dilakukan dengan menggunakan pointer mouse untuk menunjukkan tanda kotak hitam kecil di tepi bidang Form Designer, kemudian tekan tombol kiri mouse dan geserlah sesuai keinginan.
  • Menu Toolbar : Menu standar pada Windows, dapat digunakan untuk membuka project, menyimpan project, menjalankan project, dan sebagainya. Tidak semua tool ada disini, untuk menambahkan dapat dilakukan dengan memilih Project > Components kemudian akan tampil menu popup beberapa komponen yang belum tampil. Untuk menampilkannya kita dapat memilih satu atau lebih dengan memberi tanda cek list kemudian pilih Apply dan OK.
  • Toolbox : Di sinilah tempat komponen-komponen yang disediakan untuk merancang userinterface. Masing-masing komponen memiliki ciri dan kegunaan masing-masing.
  • Project Explorer : Di sini adalah struktur project yang sedang kita kerjakan. Suatu project dapat terdiri dari beberapa form.
  • Properties : Pada kolom ini menampilkan Properties dari komponen yang sedang aktif. Property adalah data-data atau karakteristik yang dimiliki oleh suatu objek komponen.
  • Form Layout : Digunakan untuk mengatur tampilan form yang sedang dirancang pada monitor. Kita dapat merubahnya dengan menggeser form yang ada atau dengan memberikan property Left dan Top pada form tersebut.
Demikian artikel mengenai Pengenalan Visual Basic 6.0, sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan, semoga bermanfaat.

0 comments: